Daftar Satwa Terancam Punah Tahun 2007 Diumumkan

  The World Conservation Union (IUCN) pada tahun 2007 ini kembali mengeluarkan daftar satwa yang terancam punah. Satwa-satwa tersebut masuk ke dalam daftar satwa terancam punah karena adanya penurunan jumlah populasi secara drastis. Dalam perkembangan laporannya yang berjudul Red List of Threaten Species, IUCN mengatakan bahwa 40 persen dari satwa-satwa yang terdaftar dari seluruh dunia tersebut dalam keadaan terancam punah. Sampai tahun 2006 saja, laporan yang memuat kerawanan kehidupan satwa liar ini terus bertambah hingga lebih dai ribuan dan sekarang berjumlah 41.415. Tahun 2007 ini terdapat tujuh satwa yang masuk dalam Red List. Satwa-satwa tersebut beragam mulai dari primata, burung, reptil, mamalia air, ikan sampai koral.

  • Western Lowland Gorilla, merupakan salah satu dari satwa yang masuk dalam Red List of Threaten Species. Banyak primata besar yang masuk ke dalam daftar tersebut seiring dengan habitatnya yang terancam oleh keberadaan manusia. Populasi western lowland gorilla ini menurun drastis di Afrika Tengah akibat adanya kegiatan perdagangan daging dan virus ebola.

  • Baiji/Chinese River Dolphin, yang telah dinyatakan oleh para ilmuwan sebagai functionally extinct pada bulan Desember tahun lalu, mengalami downgrade dari status ‘endangered’ menjadi ‘critically extinct’. Populasi binatang berwarna abu-abu-biru cerah ini telah menurun drastis selama 30 tahun belakangan ini. Lumba-lumba ini hidup di Sungai Yangtze di Cina yang telah berpolusi. Lumba-lumba airtawar sangat rawan karena sungai sering sekali dipakai oleh manusia untuk berbagai keperluan dan tidak ada tempat lain untuk lumba-lumba airtawar tersebut pergi.

  • Egyptian Vulture, lima spesies dari burung pemangsa, termasuk Egyptian, telah direklasifikasi ke tingkat keterancaman yang lebih tinggi semenjak tahun 2006. Asian Vultures, telah mengalami penurunan populasi secara drastis selama delapan tahun belakangan akibat penggunaan livestock drug seperti Diclofenac. Sedangkan African Vultures, masih berjuang hidup melawan berkurangnya habitat dan kekurangan makanan.

  • Santa Catalina Island Rattlesnake, ular ini hanya ditemukan di satu pulau saja dan memiliki corak kulit yang menarik sehingga banyak diburu oleh para pemburu untuk dikoleksi. Survey reptile terbaru mengungkapkan adanya kerawanan satwa reptil, seperti misalnya, survei reptile Amerika Utara telah mendaftar sebanyak 738 spesies reptile di kawasan tersebut. Penyebab utama dari penurunan populasi satwa tersebut adalah berkurangnya habitat akibat adanya perluasan kota.

  • Banggai Cardinal Fish, kepopularan ikan ini sebagai binatang peliharaan di rumah telah menghantarkannya ke dalam daftar merah satwa-satwa terancam punah. Di alam, ikan bergaris ini hanya ditemukan di kepulauan Banggai, Indonesia. Kegiatan manusia seperti perdagangan ikan akuarium merupakan alasan utama dari menurunnya jumlah populasi ikan ini. Selain itu, berkurangnya habitat dan perubahan iklim juga merupakan ancaman yang potensial. Jumlah ikan mengalami penurunan di seluruh belahan dunia karena penangkapan ikan yang berlebihan dan perdagangan ikan hias.

  • Gharial, binatang sejenis reptile ini merupakan satwa yang paling menonjol dalam laporan IUCN tiap tahunnya. Terlepas dari penampilannya yang mengerikan dan panjangnya yang dapat mencapai 19 kaki atau 6 meter, Indian gharial bukanlah pemakan manusia dan lebih menyukai ikan sebagai makanan utamanya. Moncongnya yang panjang dan runcing yang dapat mudah dibedakan dari buaya, memungkinkan mereka untuk menangkap ikan dengan mudah. Berkurangnya habitat dan perburuan telah mendorong berkurangnya populasi reptile ini.

  • Corals, untuk pertama kalinya masuk ke dalam daftar merah satwa terancam punah tahun 2007. Survei ilmuwan saat ini di kepulauan Galapagos telah memasukkan sepuluh jenis koral ke dalam daftar, termasuk jenis koral Floreana. Pada tahun 1980-an, pola cuaca El-Nino yang menyebabkan fluktuasi dari temperature lautan, mengakibatkan memburuknya kondisi koal di kepulauan Galapagos. Beberapa ilmuwan bahkan mengkhawatirkan pemanasan global akan menyebabkan fenomena El-Nino akan semakin sering terjadi dan mencegah koral untuk pulih kembali. Sampai sekarang, ilmuwan belum secara lengkap mengukur keadaan koral tropis dunia. Para ilmuwan memperkirakan bahwa kegiatan manusia seperti polusi, pemanasan global dan sedimentasi akan membunuh 30 persen dari populasi koral di dunia dalam tiga decade ke depan. Karang koral di Samudera Pasifik dan Hindia misalnya, telah menghilang lebih cepat dibandingkan hutan hujan.

 

Red List of Threaten Species 2006

Empat puluh persen dari spesies yang telah diketahui dikhawatirkan terancam kepunahan. Termasuk seperempat dari pohon konifera, seperdelapan dari jenis burung, dan sepertiga dari jenis amfibi. Selain itu, seperempat mamalia juga masuk ke dalam daftar satwa terancam punah. Pada laporan tahun 2006, untuk pertama kalinya beruang kutub dan kudanil diperkirakan terancam punah. Menurut IUCN, beruang kutub merupakan satwa yang akan paling terkena dampak dari pemanasan global, di mana es kutub yang menjadi tempatnya mencari makanan mencair. Tanpa cukup es, beruang kutub terancam terjebak dalam pulau es, dan mereka akan mengalami kelaparan atau tenggelam karena berusaha berenang dalam jarak jauh.

Pada awal tahun 2006, U. S. Fish and Wildlife Service telah memperkirakan untuk memasukkan beruang kutub ke dalam daftar spesies yang terancam punah. Berbeda dengan beruang kutub, kudanil mengalami penurunan populasi yang lebih cepat. Kudanil telah mengalami penurunan sebanyak 95 persen di Republik Demokratik Kongo semenjak tahun 1994, di mana tinggal 30.000 yang masih ada di alam. Kudanil dikelompokkan sebagai satwa yang rawan karena adanya perburuan ilegal di negara-negara bekas perang. 

 

Sumber: National Geographic News

Advertisements

22 thoughts on “Daftar Satwa Terancam Punah Tahun 2007 Diumumkan

  1. Bisnis satwa langka sangat menggiurkan.
    Gw punya saudara di Dinas Perawatan Satwa Langka punya dua mobil mewah dan rumah di Kelapa Gading.
    Apa mungkin gajinya yang nggak lebih dari 2 juta membeli barang kaya gituan?

  2. selalu tayangkan film dokumenter tentang satwa yang terancam punah ini agar dapat menimbulkan kecintaan generasi muda terhadap alam dan satwa. kenalkan film itu pada anak2 untuk menumbuhkan kecintaan pada satwa.

  3. Pingback: Daftar Satwa Terancam Punah | Cegah Satwa Punah

  4. semua sudah diatur……..
    bersyukurlah, karena kita masih bisa bernafas…..
    maka, dengan waktu yang singkat ini gunakanlah waktu sebaik mungkin untuk pelestarian sesempurna-sempurnanya………

  5. Manusia sangat SERAKAH, sehingga banyak menyebabkan Kepunahan jenis mahluk hidup lain di dunia ini…. dan mengganggu KESEIMBANGAN alam….HUKUM seberat2 nya bagi para pemburu dan penjual hewan2 langka

  6. pelaku perusak lingkungan dan habitatnya harus ditindak secara hukum. walaupun yang melakukan adalah aparat, tetap hukum harus ditegakkan!!!!!!!!!

  7. SEHARUSNYA PERLU KESADARAN DARI PEMERINTAH DAN SEMUA ORANG..
    KARENA BETAPA PENTINGNYA SATWA ITU BUAT PENDIDIKAN KEDEPAN…..
    SEMOGA SEMAKIN BANYAK ORANG YANG SADAR AKAN PENTINGNYA KESELAMATAN SATWA TERSEBUT….

  8. kita harus menjaga kelestarian alam termasuk semua ekosistem yang ada didalamnya salah satunya adalah ular, karna ular adalah salah satu yang termasuk dalam siklus rantai makanan

  9. perusak ALAM itu sama saja tdk menghargai hidup&kehidupan,kasian donk buat generasi ke depan!!!!!!!HUKUM lebih KERAS!!!buat para perusak lingkungan.(emosi gw)

  10. y ampun terlalu bnyk dampak negatif yg tlah dlakukan oleh manusia trhadap hewan satwa.jujur w jd kesel sama manusia yg tlah merusak Habitat atau membunuh hewan satwa demi keuntungan sendiri,mudah-mudahan aja manusia cpat sadar dan dpat melestarikan semua hewan satwa agar anak cucu kita bsa melihat hewan-hewan tersebut,,Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s